Spread the love

Awal tahu info ada zona meluncur di atas es atau yang populer dengan sebutan Ice Skating adalah saat pulang sehabis makan kuliner legendaris Suarabaya Sate Klopo Ondomohen. Dari Balaikota Surabaya kami biasa melintasi depan area pusat perbelanjaan Grand City Surabaya yang berada di kawasan Gubeng, tepatnya antara Jalan Walikota Mustajab dan Jalan Kusuma Bangsa yang juga berdekatan dengan Stasiun Surabaya Gubeng. Didepan Grand City persis terpampang billboard raksasa bertuliskan “Holiday Wonderland Ice Skating & Snow Falling” kurang lebih begitu ;D. Saya yang memang maniak dengan hawa-hawa dingin langsung nyenggol mas bojo buat ngerencanain main Ice Skating as soon as possible sekalian buat olah raga.

Baca juga Sate Klopo Ondomohen, Kuliner Klasik Nan Melegenda Dari Kota Tua Surabaya Diminati Sejak 1945

Kawasan Grand City Surabaya, Jawa Timur. Picture Courtesy of megabuildsurabaya.co.id

Mau curhat sedikit nih, mungkin beberapa temen yang kenal dekat dengan saya tahu betul dulu seberapa imyut perawakan badan ini sebelum akhirnya berubah menjadi si ibu petualang yang semakin gagah perkasa karena seriiiiing banget dimasakin dan diajakin makan sama pak suami ha ha. Tapi sebel nya tuh dia mah suka nya ngajak makan doang ga pernah ngajak olah raga, udah berapa ratus purnama saya ngajak doi buat CFD-an setelah nikah eh belum kesampaian juga sampai sekarang menginjak usia pernikahan yang ke-3, alesan nya “aku tu masih ngantuk banget baru tidur habis subuh ngerjain desain, ngelarin projek dan bla bla”. Yaudah deh dimengerti karena hasil kerja nya kan buat saya dan anak juga (ketawa jahat banget ;D).

Aku yang dulu
Bukan lah yang sekarang ;D

Sebelum nikah saya sangat hollic sama yang nama nya olah raga, waktu kuliah berapa macam bela diri yang saya ikuti, gitu masih juga suka basket, main musik, dan pasti setiap minggu itu jogging pagi, setelah lulus kuliah olah raga nya diganti hiking, berenang dan traveling nah bisa dipahami betapa besar nya gejolak hati saya ingin olah raga karena setelah nikah gak lama punya bayi ya sutralah dipaksa vakum dulu eh ladalah bablas sampe sekarang lol. Sebenernya pak suami juga doyan olah raga tapi cuma futsal dan sepak bola, kebangetan lah gila nya doi sama 2 hal itu sampai saya kadang rada khawatir nanti doi bisa gila beneran kalo tim kesayangan nya kalah tanding hahaha.

Rencana Ice Skating Dadakan

Dari melihat billboard itu makin semangat ngajakin karena ternyata lagi ada promo Buy 1 Get 1 alias beli 1 tiket bisa di pakai berdua yang harga nya cuman 60.000 di hari weekday (Senin-Kamis) dan 75.000 di hari weekend (Jumat-Minggu). Terus alesan pendukung nya karena pengen ngajak Quin yang gampang banget kegerahan sama kayak bapaknya, buat ngadem ditempat yang asik dari panas nya kota pesisir ini, selain itu sebagai latian kalau-kalau resolusi akhir tahun buat main salju di gunung Fuji-nya kesampaian biar ga katrok-katrok amat gitu nanti disana hahaha (berasa yakin bener udah bakalan jadi ;D). Rencana demi rencana selalu berakhir dengan cancel karena 1 dan lain hal, sampai akhirnya kami sepakat yaudah hari ini (Kamis ba’da Zuhur) kita langsung cus aja pas Surabaya lagi panas-panas nya. Pilih hari kamis karena masih masuk kategori weekday sebab kami mini family yang ga suka keramaian he he.

Baca juga Dim Sum & Suki XL, Kuliner Xtra Lezat Sehat dan Hemat Di Surabaya Timur

Tentang Holiday Wonderland

Pukul 14.00 WIB kami pun tiba di Grand City yang bersisian persis dengan gedung Convention & Exhibition yang kedua tempat ini terkoneksi dengan sebuah jalur khusus. Hawa sejuk langsung terasa menyapu wajah karena zona Holiday Wonderland tepat berada dekat pintu masuk. Dibagian luar ring ada zona pembelian tiket beserta jadwal/ sesi ice skating nya. Ada 24 sesi, tiap sesi kita bisa menikmati meluncur di es selama 30 menit dengan waktu jeda untuk masing-masing sesi nya adalah 15 menit, zona ice skating sendiri dibuka mulai pukul 10.00 pagi dan berakhir pukul 22.00 malam.

Oya info tambahan, kegiatan hiburan Holiday Wonderland ini ternyata hanya ada setahun 2 kali saja gengs dengan 2 wahana yaitu Ice Skating Ring dan Snow Falling Ring, yaitu pas momen Ramadhan –  Lebaran  dan Natal –Tahun Baru (Desember-Januari). Januari tanggal 20 adalah akhir dari Holiday Wonderland dan akan dibuka lagi saat masuk momen Ramadhan nanti, jadi masih sempat nih buat kalian arek-arek suroboyo yang pengen ngerasain sensasi main ice skating.

Zona Ice Skating Ring. Picture Courtesy of LH.Dini

Untuk kalian yang akan berencana ke Surabaya atau malah sekarang lagi ada urusan di kota ini saya saranin deh buat nyobain ice skating mumpung promo Buy 1 Get 1 nya masih berlaku sampai tanggal 20 Januari 2019. Info tambahan nih sebaiknya kalian bawa kaos kaki panjang yang agak tebal karena sepatu nya agak lembab juga kan habis dipakai-pakai orang lain dan kalau ga pakai kaos kaki saya jamin kaki pada lecet karena sepatu nya keras. Tapi kalopun ga mau repot bawa di bagian penjualan tiket juga di sediain kaos kaki berbayar yang boleh dibawa pulang (baca : dibeli ;D) seharga 15.000, kayak mas bojo kemarin yang ga bawa kaos kaki akhirnya beli disana.

Persiapan Bermain Ice Skating

Rencana nya kami pengen main ber-3 nih ehtapi kok ya rencana nya kurang berjalan mulus karena ternyata anak-anak yang diperbolehkan masuk ring minimal berusia 5 tahun kata mbak yang menjaga penjualan tiket, sementara Quin baru 1,5 tahun huhuhuhu sedih aku tuuu. Itu artinya bakalan ada drama yang bakal mengiringi, batal main bertiga karena salah satu pasti harus nemenin dan ngasuh Quin. Walaupun gitu akhirnya kami tetep masuk ke area pengambilan sepatu luncur, di dalam saya berusaha melobi mbak-mbak yang melayani pemakaian sepatu supaya Quin boleh masuk tapi cuma duduk dan didorong diatas Seal singa laut.

Zona Pengambilan dan Pemakaian Sepatu Skate

Sempet seneng banget karena dibolehin sampai akhirnya harapan musnah lagi gegara sepatu luncur nya Quin KEGEDEAN, gimana ga kegedean paling kecil ukuran nya 26, mbak nya yang ngelihat muka saya (yang sengaja disedih-sedihin banget) ga tega juga akhirnya ngasih masukan supaya Quin tetep dipakein sepatu walaupun kegedean karena syarat nya masuk ring adalah pakai sepatu. Setalah dipasangin di kaki bah langsung nangis tuh bocah cilik mungkin karena lumayan berat secara sepatu nya ada besi nya dan tebel banget.

Sepatu sudah siap terpasang
Pemakaian sepatu bisa dibantu oleh petugas ring ice skating

Yasudahlah nasi sudah menjadi bubur harus merelakan tiket promo nya, akhirnya beli lagi 1 tiket buat sesi berikut nya bapak nya Quin main karena tiket Buy 1 Get 1 hanya boleh dipakai di sesi yang sama. Dengan berbesar hati bapak nya Quin ngalah dan minta saya untuk main duluan sementara dia keluar buat ngajak Quin cuci mata, disini prahara batin muncul pengen batalin aja main nya karena Quin nangis waktu saya mulai pakai sepatu skate dan minta gendong terus nunjuk-nunjuk mata tanda mau bobok.

Gak drama gak afdol ;D

Gate ring pun dibuka dan harus segera masuk, Quin makin kenceng aja nangis liat orang-orang gembruduk mau masuk gate, akhirnya mas bojo langsung sigap gendong dan keluar buat ngajak Qun halan-halan, pas ditanya mau jalan kemana ternyata cuma mau di ajak naik turun eskalator -_- tapi emang Quin seneng banget naik eskalator. Dengan berat hati dan gnndah gulana akhirnya saya melepaskan mereka pergi (drama mode murup lol).

Testimoni Bermain Ice Skating

Pertama kali masuk dan nginjakin kaki di lantai es tuh sempet deg-degan karena terasa licin dan hampir jatuh beda kalau pakai sepatu luncur di lantai biasa lebih mudah. Untung nya di sana disediakan alat bantu skate yaitu Seal singa laut dengan harga sewa 30.000. Kalau kalian belum bisa sama sekali tenang karena di dalam ring ada 2 instruktur ice skating yang akan bantu, tapi ada biaya tambahan nya.

Here i go ready for skate ;D

Tadinya sewa Seal buat quin duduk tapi ternyata ga boleh karena sepatu quin kegedean banget akhirnya saya yang pakai, nyatanya di TKP saya sangat butuh hahaha, maklum ini kali pertama banget setelah keinginan 18 tahun lalu baru kesempetan sekarang gegara liat scene Han Jie Eun sama Young Jae pernah main ice skating di  Full House jadi inget lagi dan kebetulan Grand City lagi ada program Holiday Wonderland ;D.

Pertama dibantu dengan Seal

Beberapa waktu sebelum main saya sempet buka tutorial teknik bermain ice skating di Youtube, jadi waktunya mempraktikan ilmu dari mbah Youtube. Pada awal nya gak semudah yang saya liat di video, ternyata lumayan butuh waktu buat adaptasi dan berlatih meluncur syukurnya sekitar 15 menit main saya udah mulai biasa meluncur, udah mulai paham selah-selah nya, udah dapet insting nya. Pertama saya main aman dulu dipinggir ring karena permukaan nya bisa dijadikan pegangan, memutari pinggiran ring 2 kali lalu mulai memberanikan diri bermain ditengah.

Mulai bisa meluncur tanpa Seal

Alhamdulillah selama main ga pernah jatuh walaupun sesungguhnya saya pengen jatuh aja dan goler-goleran di atas es yang biar adem, dalam bayangan saya sebelumnya zona es bakal dingin ternyata engga sama sekali karena badan juga keringetan mondar-mandir ngelilingin ring jadi saya rasa ga perlu pake baju hangat segala macem kecuali kalau kalia main ice skating nya memagg di negara yang lagi mengalami musim dingin. Saat 15 menit pertama saya sempet denger suara peluit ternyata itu sebagai penandai permainan sudah berlangsung selama 15 menit dan di 15 menit kedua peluit berbunyi lagi sebagai tanda permainan sudah berakhir. Kalau kalian tidak cukup puas bermain selam 30 menit kalian bisa masuk lagi dengan beli tiket baru atau dari awal beli 2 tiket sekalian dan menunggu jeda 15 menit untuk persiapan sesi berikut nya.

Mas bojo nunggu giliran main ;D

Sebenarnya saya pengen main lagi karena belum puas sih hihi, tapi ga bisa karena Quin udah mulai bosan diajak main sama bapak nya. Jadinya sesi berikut giliran mas bojo yang main dan saya gantian bagian ngasuh Quin. Beda saya beda bapakn Quin gaya main nya, duh ngeliat mas bojo main ampun deh ya Allah gedubrak gedubruk jatuh melulu tapi heran nya malah doi seneng tuh jatuh jatuhan sampe baju nya kena es dimana-mana jadi tontonan orang-orang ha ha. Tapi akhirnya dia lebih jago main dibanding saya kali ini wkwkkw ini yang namanya ilmu learning by doing ( tepuk tangan buat mas bojo ;D).

Ada Wahana Bermain Salju Untuk Anak

Oya sempet kelupaan ya pas beli tiket di mbak petugas nya disaranin supaya Quin main di Snow Falling Ring (zona salju) aja karena lebih aman untuk seusianya. Di dalam zona snow falling akan ada hujan salju yang dibuat dari mesin besar di sebelah nya, ya tapi hujan salju nya engga banyak cuma kaya shower aja tapi mayan lah menghibur hahah. Selain itu di dalam disediakan kursi-kursi kecil plus serokan dan berbagai jenis mainan untuk menambah asyik suasana snow falling.

Area Snow Falling

Di area ini orang tua boleh ikut menemani anak dan ga perlu pakai sepatu luncur karena kondisi es nya ya kaya tumpukan salju gitu ga rata atau lebih gampang coba liat ke frezzer kulkas yang lagi banyak bunga es, nah seperti itu keadaanya hehe. Dibanding di zona ice skating, zona snow falling lebih dingin ternyata enak adem. Jangan lupa nanti buat orang tua yang mau ajak putra-putri nya main ke sini untuk bawa baju ganti karena nanti pasti basah-basahan, untuk harga tiket sama dengan tiket ice skating.

Info Jadwal Dan Tiket

Jadwal Ice Skating terpajang di bagian penjualan tiket
Tiket bermain ice skating

Lokasi Holiday Wonderland

Grand City, Jl. Stasium Gubeng Lama-Surabaya No.12, Ketabang, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60272, Indonesia

Tips

  • Jika ingin bermain nyaman dan lebih murah sebaiknya pilih jadwal weekday (Senin-Kamis).
  • Jangan lupa membawa kaos kaki panjang untuk Ice skating dan baju ganti untuk Snow Falling.
  • Sebaiknya membawa botol air minum karena bermain ice skating membuat haus, botol bisa di taruh di balik gate kaca karena tidak boleh dibawa masuk.
  • Manfaatkan promo Buy 1 Get 1 dengan mengajak salah satu keluarga, kerabat atau teman.
  • Pelajari dulu teknik ice skating di youtube bila tidak ingin mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar jasa instruktur.
  • Sebaiknya bermain dengan santai tidak kaku dan tegang karena kaki bisa kram.

Kurang greget gimana coba mau ngerasain salju sekarang ga perlu lagi jauh-jauh dan ngabisin banyak uang ke luar negeri, datang aja ke lokasi-lokasi yang menyediakan wahana ice skating salah satu nya di Grand City Surabaya ini, jangan sampe kelewatan ya karena hanya ada 2 session ice skating dalam setahun.

Merasa info ini bermanfaat? Silahkan untuk memberi like, komen atau share dan terimakasih sudah mau mampir di blog lhdini.com ya. Sampai jumpa di cerita asyik berikutnya, please stay tuned ;D.

Baca juga 7 Malam Di Tempat Persinggahan Para Dewa, Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Masyarakat Dataran Tinggi Dieng (Bagian 1)

 

Loading Facebook Comments ...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here