Picture Courtesy of LH.Dini
Spread the love
Picture Courtesy of LH.Dini

Dunia kuliner Indonesia kini semakin menggeliat dan kompetitif, seiring berjalannya waktu semakin banyak yang mulai mencoba peruntungan di bisnis kuliner ini. Ada yang gagal kemudian beralih ke bisnis lain atau bahkan menutup bisnis kuliner nya namun ada juga yang sanggup bertahan bahkan semakin berkembang pesat karena terus konsisten dalam mengutamakan selera, cita rasa dan kenyamanan konsumen. Salah satu nya pemilik Warung Apung Rahmawati yang kini telah dikenal dekat oleh masyarakat Jawa Timur dan kini telah memiliki 11 cabang yang tersebar di wilayah tersebut. Kini warung Apung Rahmawati kembali berkreasi dengan menambah konsep baru menyajikan makanan oriental yaitu Sukiyaki dan Yakiniku dengan brand “Rahmawati Suki & Grill” yang juga telah memiliki 3 cabang di Jawa Timur salah satu nya di kota Surabaya.

Ber-awal Dari Penasaran

Beberapa waktu lalu saya diajak suami untuk makan di luar karena ia ngidam ingin makan Yakiniku, secara tak sengaja saat kami melewati Jl. Penjaringan Asri, Rungkut kami melihat sebuah tempat makan yang cukup menarik dengan dekorasi kekinian ala Jepang dan sepertinya belum lama dibuka.

Halaman Resto Rahmawati Suki & Grill Penjaringan Surabaya. Picture Courtesy of LH.Dini

Rahmawati Suki & Grill begitu nama nya, dengan slogan yang terpampang di muka gerai nya “Suki Terdahsyat Harga Bersahabat” seolah kami sepakat dalam pikiran “hemm boleh dicoba nih” ingin membuktikan sesuai atau tidak slogan tersebut karena yang saya tahu untuk makanan sekelas Sukiyaki dan Yakiniku umumnya memiliki harga yang cukup lumayan menguras kantong karena saya sendiri pernah beberapa kali makan di resto Jepang yang sudah sangat terkenal menyajikan hidangan ini di Indonesia dan harga nya cukup fantastis. Melihat baliho besar yang dipasang disekitar menujukkan kisaran harga yang ada dalam menu nya dan wow saya cukup terkejut karena harga yang dibanderol jauh sekali dari bayangan, semakin penasaran kami pun masuk.

Testimoni Ruang Makan

Saat pertama membuka pintu kami langsung disuguhi ruangan dengan interior ala Jepang mulai dari bunga Sakura hingga kursi meja, peralatan makan dan alat panggangan ala Yakiniku yang sudah tersaji rapi di atas meja. Ternyata di area dalam (indoor) ruangan terbagi menjadi 3 bagian area makan dengan meja dan area makan tanpa kursi hanya ada meja beralasakan karpet seperti kebiasaan di Jepang dan area kasir.

Area indoor dengan interior ala-ala Jepang. Picture Courtesy of LH.Dini
Area indoor tanpa kursi dengan interior ala-ala Jepang. Picture Courtesy of LH.Dini
Area indoor bagian kasir. Picture Courtesy of LH.Dini

Bunga-bunga sakura sintetik dan lampu-lampu ala jepang menambah suasana ruang jadi tampak romantis menurut saya hehe. Disebelah kasir berdiri meja dengan 2 buah besar jar yang berisi air jeruk dan ocha, box es batu kristal, barisan gelas bersih juga bermacam saus. Dibatasi sebuah pintu dan kaca jendela transparan saya melihat ada area makan out door yang juga terbagi kedalam 2 zona, saya menyebutnya zona ala simply garden dan zona ala old tradation.

Area outdoor simply garden. Picture Courtesy of LH.Dini

Dari bincang singkat saya dengan bapak menejer resto zona outdoor khusus nya yang simply garden sengaja dibuat untuk mereka yang ingin lebih santai mengobrol dan leluasa untuk merokok karena langsung beratapkan langit jadi segala asap bisa langsung membubung ke atas.

Area outdoor old tradition. Picture Courtesy of LH.Dini

Sementara zona ala old tradition bebas untuk siapa saja sama seperti di area indoor, dari pengamatan saya lebih banyak keluarga yang memilih makan di area old tradition barangkali karena letak nya ada di paling belakang dan terbuka sehingga asap panggangan Yaki tidak terlalu mengganggu seperti di area indoor.

Meja pilihan saya dan suami dibagian indoor. Picture Courtesy of LH.Dini

Kami sendiri memilih di indoor karena suami dan bayi tidak betah panas plus lebih dekat untuk untuk me-refiil minuman dan saus, tapi esok bila ingin kembali makan di sana saya akan mencoba di area out door karena terasa lebih tenang juga dekat dengan mushola.

Baca juga Dim Sum & Suki XL, Kuliner Xtra Lezat Sehat dan Hemat Di Surabaya Timur

Testimoni Menu dan Rasa

Sesaat setelah memilih tempat duduk seorang waiter menghampiri untuk memandu dan menjelaskan tentang menu resto. Kami diinstruksikan untuk memilih sendiri menu Suki dan Yakiniku di dalam kulkas besar yang terpajang di tengah ruang makan indoor. Oya bagi yang muslim jangan khawatir karena seluruh hidangan yang dijasikan disini adalah halal, disini juga tersedia mushola yang rapi dan bersih jika ingin menunaikan ibadah.

Lemari pendingin tempat para pelanggan memilih sendiri paket yang diinginkan. Picture Courtesy of LH.Dini

Resto ini menerapkan konsep paketan yang semuanya sudah dipreparasi di dalam piring besar dan di seal rapat, kami tinggal mengambil paket mana saja yang diinginkan dan membawa nya langsung ke meja makan. Waiter kemudian menawarkan pesanan tambahan dan memberikan pilihan ingin menggunakan kuah kaldu atau kuah tomyam.

Paket Suki 2 pesanan kami. Picture Courtesy of LH.Dini

Untuk rasa Suki dibanding yang pernah saya rasakan dibeberapa tempat, rasa Suki disini lebih mending mungkin karena bahan-bahan nya masih fresh terutama untuk sayuran juga bumbu dikuah lebih terasa walaupun memang sebenarnya hampir sama cita rasa Suki di tempat-tempat yang pernah saya kunjungi.

Paket Yakiniku 2 pesanan kami. Picture Courtesy of LH.Dini

Nah untuk rasa Yakiniku, saya bener-bener dibikin mabuk kepayang karena daging nya saat dimakan empuk banget dan rasa nya enak seperti lumer di mulut walaupun hanya dipanggang dengan mentega belum ditambah saus.

Memakan Yaki dengan nasi panas lebi sedap. Picture Courtesy of LH.Dini
Potongan daging Yaki lebar-lebar dan banyak cukup untuk 2 orang

Yaki yang baru diangkat dari panggangan dimakan bersama nasi hangat terasa lebih nikmat. Menurut pengakuan pak menejer daging untuk Yakiniku semua adalah daging fresh yang dipreparasi di dalam piring besar dan langsung disimpan di dalam lemari pendingin yang terdisplay di ruang indoor.

Bahan-bahan yang disimpan di lemari pendingin sangat fresh dan dapat dipilih sendiri. Picture Courtesy of LH.Dini
Bahan-bahan yang disimpan di lemari pendingin sangat fresh dan dapat dipilih sendiri. Picture Courtesy of LH.Dini

Untuk minuman tersedia Ocha dan minuman rasa jeruk yang bisa di refill bila habis. Bila ingin lebih dingin bisa ditambahkan es kristal yang dapat diambil dari box es di samping jar minuman. Pada bawah meja juga tersedia gelas-gelas bersih untuk minuman.

Ocha dan air rasa jeruk dapat di refil disini. Picture Courtesy of LH.Dini

Baca juga Sate Klopo Ondomohen, Kuliner Klasik Nan Melegenda Dari Kota Tua Surabaya Diminati Sejak 1945

Kesimpulan saya dengan slogan yang dibawa  “Suki Terdahsyat harga Bersahabat” Rahmawati Suki & Grill ini layak dipertimbangkan sebagai destinasi kuliner oriental di kota Surabaya khususnya karena rasa dahsyatnya cukup bisa dibuktikan ditambah dengan harga yang jauh lebih miring dibanding resto-resto jepang lain-nya.

Makan dengan cara memasak sendiri. Picture Courtesy of LH.Dini

Nah bagi anda yang ingin merasakan sensasi makan dengan cara memasak sendiri seperti Suki dan Yakiniku dan tidak ingin keluar bujet terlalu besar, resto ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Info Menu dan Harga

Daftar menu utama 
Daftar menu tambahan bila diinginkan

Jam Buka

Setiap hari mulai pukul 11.00-22.00 WIB

Lokasi

Jl. Penjaringan Asri II No. 22-23, Penjaringan Sari Rungkut, Surabaya

CP. 08113168806

Tips Kunjungan

  • Sebaiknya pilih area out door bila anda merasa kurang nyaman dengan asap panggangan Yaki di area in door.
  • 1 porsi Suki dan Yakiniku bisa untuk 2 orang
  • Bila margarin untuk memanggang dirasa kurang silahkan meminta kembali pada waiter.
  • Bila anda datang diwaktu jam beribadah khusus nya untuk yang muslim tersedia mushola dan alat sholat dibagian belakang resto.

Merasa info ini bermanfaat? Silahkan untuk memberi like, komen atau share dan terimakasih sudah mau mampir di blog lhdini.com ya. Sampai jumpa di cerita asyik berikutnya, please stay tuned ;D.

Bagi anda para pemilik resto-resto unik dan asyik yang juga ingin resto nya di-review secara ciamik dan detail seperti ini oleh ibu petualang, silahkan kontak saya melalui email yang sudah tertera arigatou gozaimas.

Baca juga Kamu Harus Coba! Ini Dia 5 Tempat Makan Enak Dan Murah Di 5 Kota Versi Ibu Petualang

Baca juga Sensasi Meluncur Di Es Dan Bermain Salju Di Wonderland Grand City Surabaya

Loading Facebook Comments ...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here