Spread the love

Hai guys, apakareba? pasti sekarang ada diantara kalian yang lagi jatuh cinta ya kaan,  pasti campur aduk deh rasa nya karena rindu dan benci jadi satu  ha ha ha. ehtapi jatuh cinta sama yang ini ga bakalan bikin kamu semerana dan segalau itu kok, malah bisa membuat hidup mu jadi lebih baik. Jatuh cinta itu ga melulu harus ke sesama manusia lho, kalian juga boleh bahkan wajib deh jatuh cinta sama makhluk lain nya terutama cinta sama pepohonan. Kenapa sih saya menyarankan banget untuk mencintai pepohonan? mungkin 7 fakta tentang pohon ini akan membantu membuat mu menyadari betapa penting nya populasi pohon bagi manusia dan kehidupan. Cekidot!

1. Pohon adalah penunjang utama kehidupan bagi seluruh makhluk yang ada di bumi ini. Kemampuan pohon untuk merubah gas beracun C02 menjadi Oksigen dengan bantuan Cahaya dan Air melalui fotosintesis telah berperan besar terhadap ketersediaan udara bersih yang menjadi kebutuhan utama manusia di seluruh muka bumi.

2. Akar pohon mampu berperan sebagai penyaring air alami dan mampu mencengkeram tanah sehingga mencegah terjadinya bencana longsor di daratan dan abrasi pantai. Pohon juga menjadi tempat bernaung, tinggal dan berkembang biak bagi banyak makhluk seperti burung, kelompok serangga, juga beberapa mamalia seperti monyet, tupai dan lainnya.

3. Pohon juga menjadi penyedia makanan terbaik di alam sebab proses fotosintesis selain menghasilkan oksigen juga menghasilkan karbohidrat yang dapat disimpan baik pada akar, batang, daun maupun buah nya.

Foto. dokumen pribadi

4. Tidak hanya menjadi sumber makanan, kandungan berbagai macam zat di dalam pohon dapat memberikan efek pengobatan.

5. Nuansa sejuk dan rindang yang dibentuk oleh pepohonan dapat memberikan efek relaksasi bagi manusia sehingga dapat dimanfaatkan untuk terapi kejiwaan.

Foto. dokumen pribadi

Baca juga Kampung Halaman Sedamai Surga

6. Pohon menjadi tempat naungan, habitat dan tempat berkembang biak banyak hewan seperti kelompok serangga, kelompok burung dan beberapa mamalia.

6.Kabar dari riset terkini pohon ternyata juga memiliki perasaan dan mampu merespon baik hal positif maupun negatif yang diberikan, jadi mulai saat ini mari kita perlakukan pohon seperti kita memperlakukan makhluk yang bergerak lain nya, bukan karena mereka terlihat tidak bergerak maka kita bisa berbuat semena-mena dan bebas melakukan tindakan vandalisme tehadap pohon terutama bagi yang suka mendaki gunung nih, yang punya kebiasaan ninggalin luka ditubuh pohon dengan berbagai tulisan alay bin norak plis deh mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan jahat itu.

Begitu besar peran pohon bagi kehidupan, kepunahan nya berarti juga kepunahan manusia dan makhluk lain nya. Menjaga nya tetap lestari berati juga menjaga kehidupan untuk anak cucu kita selanjutnya. Sebagai bentuk kontribusi kita untuk perbaikan bumi, mari tanam setidak nya 1 bibit pohon dirumah kita masing-masing, atau kamu bisa berfoto bersama pohon lalu tag dan mention @thebodyshopindo dengan hastag #CintaPohon #TheBodyShopIndo karena dari setiap foto yang kamu upload di instagram @thebodyshopindo akan mendonasikan Rp.5000 yang akan disalurkam kepada Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) untuk program Bio-Bridge Batang Toru. Atau ini kontribusi yang paling mudah dan tanpa biaya dengan tidak melakukan vandalisme pada pepohonan kamu juga sudah membantu menjaga kelangsungan hidup populasi pohon tersebut.

Pictures Courtesy of Google

Baca juga 3 Keuntungan Jika Kamu Membawa Botol Minum Sendiri

Loading Facebook Comments ...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here