Picture Courtesy of LH. Dini
Spread the love

Kelezatan Dim Sum & Suki Xtra Lezat Surabaya Bikin Kamu Gak Bisa Move On

Kali ini saya akan khusus mengulas tentang Dim Sum & Suki Xtra Lezat (XL) di Surabaya Timur yang selalu gagal bikin saya move on, sempat sedikit saya ulas di artikel sebelumnya bisa kalian baca di sini. Perlu kalian ingat ya gaes ( kalau mau sih wkwk) setiap konten yang saya tulis pasti ada hal unik dan menarik yang bisa jadi menginspirasi kamu. So, jangan lupa untuk selalu baca ulasan saya di blog, kalau di share akan lebih baik biar kita sama-sama dapet pahala he he. Sudah ga terhitung berapa kali saya makan di tempat ini, bisa seminggu 2 kali sejak awal tinggal di Surabaya tahun 2016 hingga sekarang masuk 2019. Buat saya perihal makanan, rasa itu penting banget inilah salah satu alasan selain unik, klasik dan sehat yang mendasari kenapa saya sering bolak-balik ke suatu tempat makan yang sama.

Ada 7 alasan kenapa saya sering bolak-balik ke Dim Sum & Suki Xtra Lezat yang berlokasi di Jl. Dr.Ir.H. Soekarno Mulyorejo, Rungkut (atau yang lebih sering di sebut jalan Merr) Surabaya Timur ini.

  1. Suka Oriental Food

Selain masakan klasik nusantara saya juga penggemar masakan oriental seperti masakan dari Cina, Korea dan Jepang kecuali Shasimi dan Sushi mentah-nya. Ga hanya perihal rasa masakan-masakan oriental ini unik mulai dari proses pembuatan nya juga cara penyajian nya, bentuk nya yang beragam dan lucu-lucu seperti Dim Sum dan Suki, dan Dim Sum jadi menu favorit banget ketika makan di restoran Cina.

Suki salah satu jenis masakan oriental. Picture Courtesy of @dimsumsuki_xl instagram

Baca juga Ini Dia 5 Tempat Makan Enak Dan Murah Di 5 Kota Versi Ibu Petualang.

Sekedar info ya dalam dunia Tata Boga, masakan itu dibagi kedalam 2 jenis yaitu masakan oriental dan masakan kontinental. Masakan kontinental adalah masakan dengan satu rangkaian yang terdiri : protein hewani, makanan pokok dan sayuran, menjadi karakter masakan di negara-negara dengan dataran luas, seperti di benua Amerika, Eropa dan Australia. Sementara masakan oriental adalah masakan yang berasal dari negara kepulauan, seperti Jepang, china, Indonesia (Negara Timur) dengan penghidangan yang berdiri sendiri terdiri dari : makanan pokok, lauk-pauk, dan sayuran.

2. Halal

Seperti yang kita tahu kebanyakan masakan Cina ada campuran-campuran entah di minyak, lemak atau daging yang digunakan atau lain nya yang tidak boleh dikonsumsi oleh seorang muslim karena ini perintah dari kitab suci kami. Jadi menemukan restoran cina yang halal itu seolah menenangkan kegundahan saya yang gemar oriental food ini. Saya belum sempat bertanya siapa sebenarnya pemilik resto ini, tapi pernah beberapa kali saya makan disana melihat seorang bapak paruh baya dengan dandanan parlente ikut merapikan meja-meja pelanggan yang habis makan juga mengecek kursi-kursi yang mungkin kurang layak. Saya kira bapak itu pemiliknya, secara kenampakan fisik sepertinya orang Indonesia asli, mungkin si bapak pernah belajar masakan cina sehingga bisa menyajikan makanan yang lezat begini hanya asumsi saja sih he he.

3. Makanan Nikmat, Sehat, Harga Hemat

Dengan mengedepankan slogan makan “ Nikmat, Sehat, Harga Hemat “ harga perporsi nya memang cukup terjangkau dibanding dimsum yang dijual di resto-resto yaitu sekitar 12.000-22.000 rupiah ( daftar harga lengkap bisa lihat di struk dibawah), ini yang nama nya makanan murah tapi ga murahan saya berdua suami biasanya pesan 6-7 porsi varian dimsum dan ya ampun ini tuh udah kenyang banget karena biasanya saya pake nasi sih, makan dimsum aja untuk saya terlalu gurih jadi harus pake nasi buat netralin maklum yey orang Indonesia ga nasi ga nampol haha.

Varian Dim Sum ada kurang lebih 25 jenis. Picture Courtesy of LH. Dini

Oya ada lagi menu yang bisa dimakan rame rame dan dimasak sendiri yaitu Suki. Kita bakalan dikasih panci berisi kuah, untuk isi kita pilih sendiri nanti dicemplung-cemplungin ke dalam kuah yang ada 2 jenis yaitu kuah kaldu ayam dan kuah tomyam sambil dimasak diatas kompor yang akan disediakan pelayan. Untuk isian nya ada sayur, seafood dan olahan seafood, kita bisa pilih sendiri dari kulkas yang didisplay di ruang tengah.

Isian untuk Suki dibedakan berdasarkan warna plate,berbeda warna berbeda harga. Picture Courtesy of LH. Dini
Isian untuk Suki dibedakan berdasarkan warna plate,berbeda warna berbeda harga. Picture Courtesy of LH. Dini

Di artikel sebelumnya saya bilang ga terlalu suka dengan Suki karena rasanya agak hambar pernah coba soalnya di Hanamasa dan beberapa waktu lalu akhirnya saya nyobain juga Suki yang disini gegara suami gak habis makan Suki sepanci kan sayang kalau dibuang. Ternyata emang Suki begitu ya rasanya dimana-mana rada-rada hambar seperti barusan saya nyoba Suki and Grill Rahmawati dan ya Allah emang Suki rasanya begitu ya kayaknya kurang ngeklik dilidah kecuali sayur-sayuranya aja yang saya seneng.

Akhirnya nyobain lagi masak Suki. Picture Courtesy of LH. Dini

Oya kebanyakan makanan disini tuh masak nya dikukus dan direbus gaes jadi lebih sehat karena ga banyak mengandung tambahan minyak kayak gorengan jadi bagi yang bawa balita pun bisa ikut makan bareng bahan-bahan dasarnya juga bergizi. Meski begitu ada juga kok varian dimsum yang digoreng cuman ga sebanyak yang kukus, barangkali disediakan untuk pengunjung yang emang lebih senang makanan yang digoreng-goreng.

4. Varian Bentuk dan Rasa Banyak

Salah satu yang bikin saya suka banget makan dimsum disini karena varian rasa nya banyak dan bentuknya lucu-lucu selain itu masalah rasa udah deh ga diraguin lagi persis seperti nama nya XL alias Xtra Lezat. Untuk varian dim sum nya ada kurang lebih 25 jenis sementara untuk varian isian Suki ada sekitar 40 plate gimana ga menawan mata saat melihat nya ;D.

Varian Dim Sum ada kurang lebih 25 jenis. Picture Courtesy of @dimsumsuki_xl instagram

Baca juga Sate Klopo Ondomohen, Kuliner Klasik Nan Melegenda Dari Kota Tua Surabaya Diminati Sejak 1945.

Oya Saya paling seneng makan di tempat yang konsisten antara iklan promosi dengan kondisi riil di tempat, ga ngerasa ditipu sama gambar-gambar pajangan dan selebaran apalagi kalo sampe melenceng dari slogan yang digadang-gadang sama penjual nya wuu bisa seumur hidup saya ga akan balik kesitu. Menurut saya Dimsum & Suki XL ini justru lebih bagus yang ada ditempat dibanding gambar-gambar yang dipajang. Nah dibawah akan saya bantu tampilkan apa aja varian dimsum yang kiyut kiyut dan lezat ituh beserta harga per porsi nya, gambar dibawah juga adalah varian DIm SUm favorit saya, cekidot ;D.

Dim Sum Kepiting
Dim Sum Sushi
Dim Sum Octopus
Dim Sum Ebi

 

Dim Sum Ayam Jamur
Ice Lemon Tea Minuman Favorit pendamping Dim Sum dan Suki. Picture Courtesy of LH. Dini
Daftar menu dan harga, murce kan untuk makanan sekelas resto ;D. Image of LH.Dini

5. Pelayanan Cepat dan Ramah

Gak hanya saya, saya yakin kalian pasti juga seneng kalo mampir di suatu tempat makan terus di sambut senyuman dan segera dilayani tanpa lambreta. Nah yang kaya gini bisa kamu rasain kalau makan disini, dari mulai mesen sampai makanan tersaji di meja itu ga sampe 5 menit, bahkan saat kamu baru sampai ditempat duduk para pelayan udah dateng membawa pesenan kamu. Ini karena sebagian dimsum memang udah ada dalam panci kukusan, kalau pesenan kamu lagi ga tersedia di panci kukusan ya kamu diminta tunggu untuk dipanaskan dulu pesenan mu dan saya pastikan ga akan lama kok nunggu nya karena saya udah hafal saking sering nya makan disini. Untuk pembayaran kamu gak perlu ke kasir tinggal panggil pelayan dan bayar di meja.

Baca juga 7 Malam Di Tempat Persinggahan Para Dewa, Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Masyarakat Dataran Tinggi Dieng (Bagian 1)

6. Tempat Luas, Nyaman dan Baby Friendly

Pertama kali lihat dari jalan tempat makan ini punya area parkir yang lumayan luas cukup untuk kurang lebih 10 mobil dan sekian puluh motor, iseng pernah saya itung pas kondisi lagi super rame ha ha. Gak hanya parkiran yang luas area meja makan juga luas banget, meski rame kamu masih bisa tetap nyaman karena meja nya besar jadi ga akan dedempetan.

Ruangan Indoor Full AC dan Baby friendly. Picture Courtesy of LH. Dini
Ruangan Out Door lebih luas untuk smoker area. Picture Courtesy of LH. Dini

Area makan ini dibagi 2 ada yang out door mungkin untuk pengunjung yang mau merokok (huh ada rokok di area makan bikin sebel), dan in door alias tertutup dan full AC pula wuah  jelas saya pilih yang in door dong secara Surabaya nanaaas eh panaaas ha ha. Di ruang in door juga ada musik easy listening yang diputar, juga ada baby chair bagi yang bawa bayi nah kurang nyaman gimana kan ;D. Cuma satu kurang nya banyak nyamuk terutama di ruang out door jadi kalau kamu pilih makan dibagian luar jangan heran kalau ada bau obat nyamuk yak. Nah kalau yang di dalam sebaik nya bawa soffel aja biar nyaman walaupun sebenarnya nyamuk ga sebanyak diluar biar nyaman aja acara makan.

7. Dekat dari Tempat Tinggal

Bersyukur sih tinggal di wilayah Surabaya Timur ini karena banyak banget spot spot kuliner enak jadi gak perlu jauh-jauh kalau lagi gak pengen masak tinggal melipir 10 menit dari rumah sampai deh. Pas banget kan kalau bawa bayi, bayinya gak keburu capek di jalan.

Dimsum & Suki Xl bisa kamu temukan kalo kamu lagi main ke Surabaya di Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.388, Kedung Baruk, Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60298 Jam buka: 16.00-23.00 Senin-Minggu. Tempatnya dipinggir jalan besar kelihatan dari jauh juga warna nya merah-merah gitu ;D disekitarnya juga banyak kuliner lain jadi kalian yang lagi di area ini tapi lagi ga pengen makan dimsum atau yang beda selera bisa melipir kesebelah.

Buat arek-arek suruboyo yang maam ini bingung mau kongkow asik dimana Dim Sum & Suki Xl ini bisa jadi pilihan karena ga hanya lebih hemat, makanan nya pun sehat dan lezat. Dan buat kalian yang sedang dan akan berkunjung ke Surabaya sempatkan mencoba kelezatan ekstra dari resto oriental ini, karena kabar nya Dim Sum & Suki XL masuk ke dalam nominasi “The Best Resto (Non-Star) versi Jawa Pos.

Ringkasan

Persiapkan Budget: 30k – 50k/orang
Zona Parkir: Luas
Wifi: Tidak Ada
Pembayaran: Tunai dan Debit
Stop Kontak : Ada
Zona Makan : Outdoor Smoking Area, Indoor  AC Non Smoking Area
Alamat: Jln. Ir. Soekarno No. 388, Rungkut, Surabaya Timur
Jam Buka :  Setiap Hari , 16.30 – 23.00
CP : 0815-8070-715

Merasa info ini menarik? jangan lupa like, komen dan share ya teman-teman ;D, terima kasih sudah mampir di blog lhdini.com sampai jumpa lagi di review kuliner unik dan asik selanjut nya.

Baca juga 3 Keuntungan Jika Kamu Membawa Botol Minum Sendiri

Loading Facebook Comments ...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here